Peran Wanita Untuk Generasi Penerus Bangsa

 In Kesejahteraan Wanita

Banyak orang merasa, wanita sebagai makhluk yang tidak mempunyai andil besar untuk kemajuan sebuah bangsa. Namun tanpa kita sadari, wanita memiliki peran yang sangat besar karena merekalah yang melahirkan dan mendidik generasi penerus bangsa. Ibu, adalah lingkungan pertama dalam kehidupan seorang anak. Lingkungan inilah yang akan membentuk karakter, kebiasaan dan perilaku anak hingga besar nanti.

‘Sekolah’ pertama bagi anak adalah di lingkungan keluarganya, dan ibu adalah sosok yang menghabiskan sangat banyak waktu untuk sang buah hati. Pola mendidik seorang ibu, sangat menentukan karakter dasar bagi anak. Maka dari itu, sangat penting bagi kaum wanita untuk mendapatkan pendidikan yang layak, sehingga membentuk wanita-wanita yang cerdas.

Pasti tidak asing ketika mendengar nama Thomas Alva Edison, dialah penemu bola lampu listrik, gramofon dan juga kamera film. Penemuannya menjadi salah satu dasar dari perkembangan teknologi sampai saat ini. Padahal di masa belia Edison dicap bodoh di sekolah, sampai gurunya meminta ibunya untuk mengeluarkannya dari sekolah. Dibalik semua kehebatan Edison, ada sosok wanita hebat, yaitu Nancy Mattews sang ibu. Beliau tidak menyerah dan membulatkan tekad bahwa anaknya bukan anak yang bodoh. Edison hanya mengenyam pendidikan formal selama tiga bulan, setelah itu pendidikannya diperoleh dari sang ibu di rumah.

Image result for nancy matthews edison Image result for thomas alva edison

(kiri : Nancy Mattews ; kanan : Thomas Alfa Edison)

 

Bayangkan, apabila sang ibu juga menyerah terhadap Edison seperti gurunya? Mungkin hari ini kita tidak mempunyai lampu dan tidak menikmati 1093 penemuan yang ditemukan oleh Edison. Mungkin juga Edison akan disamakan seperti anak cacat lainnya dan tidak akan pernah menjadi seseorang yang memberikan dampak bagi dunia.

Dapat disimpulkan bahwa peran Ibu terhadap anak sangatlah besar. Maka dari situlah wanita yang berpendidikan akan menghasilkan generasi penerus yang berkualitas, sebab mereka tahu benar cara untuk mendidik anaknya. Tentunya hal ini akan berdampak besar terhadap kecerdasan generasi penerus bangsa Indonesia.

Sumber 1  Sumber 2

Sumber foto1 Sumber foto2 Sumber foto 3

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.