Komentar Presiden Jokowi dan Cagub DKI Terhadap Peniadaan UN

 In Pendidikan

Benarkah Ujian Nasional (UN) untuk siswa-siswi SMA dan SMP akan dihapus di tahun 2017? Beragam pertanyaanpun dilontarkan, lantas apakah alasan dihapusnya UN?  

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi mengatakan bahwa tujuan UN selama ini adalah untuk memetakan sekolah secara nasional, sehingga pemerintah bisa tahu kondisi sekolah di Indonesia dan memberikan langkah-langkag perbaikan sesuai kebutuhan.

Maksudnya? Misalnya, berdasarkan UN, nilai IPA di sekolah daerah “A” jelek sekali. Lalu akan dicari tahu, apa yang menjadi penyebabnya. Apakah karena kualitas guru yang kurang bagus, apakah kurang sarana laboratorium? Setelah diketahui pokok masalahnya, maka permasalahan tersebut akan dibenahi oleh pemerintah.

ujian-nasional2

Sumber Foto 

Ada beberapa alasan kenapa UN lebih baik di hapuskan, namun ada juga pihak yang menolak terhadap keputusan ini. Apa saja alasannya?

Pertama, menurut Mendikbud, karena saat ini sudah banyak sekolah dengan level diatas standar nasional, baik nilai integritas maupun standar akademiknya. Nah, UN disekolah inilah yang akan dihapuskan. Berdasarkan data Kemendikbud, jumlah sekolah yang standarnya sudah diatas standar nasional sudah mencapai 30%. Berarti kalau benar terlaksana, akan ada 29 ribu sekolah yang bebas dari UN mulai tahun 2017.

Kedua, UN sudah bukan merupakan penentu kelulusan sekolah. Desakan untuk penghapusan UN sebenarnya sudah ada sejak UN bukan lagi menjadi penentu kelulusan. Sejumlah pakar menilai, UN menjadi kegiatan yang membuang anggaran negara, yang sebenarnya bisa diganti dengan alternatif ujian lain.

Namun, apakah pendapat Presiden Jokowi terhadap hal ini?  Bapak Presiden Jokowi menilai penghapusan UN masih proses karena harus menunggu keputusan melalui rapat terbatas (ratas)

“Memang dari menteri pendidikan menyampaikan itu, tapi tentu saja harus ada ratasnya dulu. Harus ada rapat terbatas yang nantinya kita putuskan,” ujar Jokowi, seperti dilansir Setgab.go.id.

jokowi-ke-as

Sumber foto

Presiden Jokowi menjelaskan, memang perlu untuk mengetahui standar-standar dari ujian nasional. Karena itu, kalau UN diperlukan, akan tetap dilakukan.

“Kalau tidak, saya belum tahu seperti apa, datanya seperti itu,” kata Jokowi.

Mantan Mendikbud yang juga merupakan calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku heran dengan kebijakan tersebut.

“Yang ini saya bingung, nggak tahu buat apa. Nanti kalau anak daftar dari SMP ke SMA pakai nilai apa coba. Kepala sekolah mau menyeleksi anak pakai apa, nanti kalau ke jenjang lebih tinggi pakai apa, harus dipikirkan matang-matang,” ujar Anies Baswedan di Gelanggang Remaja Jakarta Utar, Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara, Minggu (27/11/2016).

Anies mengatakan bahwa sudah sejak dua tahun yang lalu UN tidak menjadi syarat kelulusan. Dia menjelaskan bahwa sudah tidak ada lagi siswa dan guru yang mengeluhkan hal tersebut.

“Kalau masalahnya UN dibuat syarat kelulusan, jadi menakutkan. Sudah dua tahun tidak jadi syarat kelulusan. Pak Mendikbud bilang UN menakutkan. Pak Mendikbud lihat nggak UN 2 tahun ini sudah tidak menakutkan. Nggak ada lagi doa yang aneh-aneh, kumpul-kumpul. Jadi yang menakutkan dari UN sudah selesai 2 tahun lalu,” jelasnya.

073576800_1428903834-13042015-uan

Sumber Foto

Tetapi tahukah anda 3 tahun sebelum ini, Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama pernah menjadi salah satu orang yang setuju UN dihapuskan. Menurut Ahok, kesuksesan seorang murid tak bisa dinilai dari hasil ujian.

“Itu kan mau saya pribadi. Saya pikir kalau kunci kesuksesan murid itu bukan ditentukan oleh ujian tapi dari gurunya,” kata Ahok di balai kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (17\/4\/2013).

Ahok menyebut pepatah guru kencing berdiri, murid kencing berlari. “Hari ini kompetensi guru kita yang masalah. Banyak sekolah yang terpaksa membayar orang luar untuk nambah bimbingan belajar,” imbuhnya.

Keputusan ini memicu pendapat yang berbeda-beda, ada yang pro dan ada yang kontra tentunya.
Menurut pendapat anda, apakah UN lebih baik dihapus atau tetap dijalankan seperti biasa?

Sumber1 Sumber 2 sumber 3 sumber 4

sumber featured image

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.