Gaya Hidup Dunia Maya Vs Dunia Nyata

 In Sosial

Kehidupan dunia digital sangat berpengaruh dalam keseharian manusia. Seperti saat ini banyak dari masyarakat khususnya di Indonesia, banyak yang menggunakan sosial media maupun media digital untuk beraktifitas dan menemani keseharian mereka. Lebih dari 50% masyarakat Indonesia menghabisakan waktunya hanya untuk bersosialisasi melalui jaringan digitalnya. Dan yang menjadi pertanyaan saat ini ialah, bagaimana jika jaringan digital tersebut tidak ada? Apakah manusia akan tetap bersosialisasi? Ataukah manusia akan bermalas-malasan duduk diam dirumah saja tanpa mau keluar rumah untuk saling bertegur sapa dengan lainnya?

Banyak yang menjadi pertanyaan. Sudah sejauh mana dunia digital telah mempengaruhi pola pemikiran masyarakat Indonesia, sehingga banyak dari mereka lebih memilih untuk berkomunikasi melalui digital. Seperti yang dilansir oleh KOMINFO (Komunikasi Informatika) Indonesia, bahwa Indonesia terletak pada posisi 6 pengguna sosial media tertinggi di dunia. Berikut merupakan hasil riset dari tim Marketer di dunia.

Adanya data tersebut menjadi gambaran bahwa masyarakat Indonesia saat ini lebih banyak untuk menghabiskan waktunya pada dunia maya (sosial media). Akan tetapi, hal tersebut tidak akan menjadi sebuah masalah ketiika sosial media tersebut digunakan dengan baik dan benar. Sehingga dapat memberikan manfaat bagi “follower”. Dimana follower akan mengikuti setiap aktifitas keseharian bagi orang yang diikutinya. Sehingga secara tidak langsung satu orang dapat mengubah satu orang lainnya hanya karna pertemanan mereka di sosial media.

Memang, di era teknologi semakin canggih, tak ada salahnya,tekhnologi yang menciptakan manusia dan untuk manusia. Bahwa semakin tinggi teknologi dikembangkan, maka manusia akan semakin terpengaruh olehnya. Sebaliknya ketika manusia bijak dalam menggunakannya, maka manusia tersebut tidak akan terpengaruh dengan cepat oleh teknologi tersebut, maupun oleh media sosial yang semakin hari semakin banyak yang menyelah gunakan hanya untuk kepentingan pribadi dan kesenangan dunia saja, tanpa memikrkan dampak yang akan terjadi. Hilangkah rasa sosial masyarakat jika sosial media dihapuskan? Akankah sosialisasi itu akan tetap berjalan tanpa adanya sosial media?

 

 

Sumber 1
Sumber 2
Sumber Foto 1
Sumber Foto 2
Sumber Foto 3
Sumber featured image

Recommended Posts
Comments
pingbacks / trackbacks

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.