Inspirasimu adalah jasa bagi Indonesia

 In Kesejahteraan Wanita

Apa salahnya jika terlahir sebagai perempuan? Sebuah pertanyaan yang mendapatkan jawaban Tidak. Ya, terlahir sebagai perempuan tidak pernah ada salahnya. Baik terlahir sebagai laki-laki maupun perempuan, itu semua sudah menjadi restu dari Sang Pencipta.

Hanya menjadi sebuah labeling bagi perempuan jika terlahir menjadi perempuan itu salah. Sama halnya dengan seorang perempuan yang terlahir pada zaman 1945- an, menjadi seorang perempuan sangatlah dijaga. Seperti Ibu Kartini, yang hidup pada zaman orde lama. Yang hanya diperbolehkan bekerja di dalam rumah yaitu hanya menjahit, berdandan, dan memasak. Sebaliknya, ketika perempuan bekerja diluar rumah pada waktu itu tidak diperbolehkan dari pihak orangtua dan keluarga.

Akan tetapi, pada era modern dan semakin berkembang ini, perempuan yang sering digambarkan sebagai manusia yang lemah dan rentan. Pandangan yang menyoroti bahwa perempuan adalah manusia yang tidak layak untuk bekeja keras, merupakan hal yang seharusnya diluruskan. Sedangkan, laki-laki sebagai manusia yang kuat dan mampu menjadi pemimpin. Sebab, perempuan baik itu yang terlahir dari zaman orde lama maupun orde baru, adalah seorang perempuan yang kuat dan tangguh. Kedua hal tersebut menjadi kata yang tepat untuk digambarkan bagi perempuan.

Sumber Foto

Menariknya, jika diperhatikan secara pandangan yang lebih luas, sejatinya perempuan adalah manusia yang cerdas. Seperti, seorang perempuan yang nantinya akan mengandung seorang anak dalam rahimnya. Hal tersebut memerlukan sebuah pemikiran yang matang sebelum ingin mengasuh seorang anak. Apabila tidak dipertimbangkan dengan matang pun, memiliki anak hanyalah sebuah beban bagi keluarga, terutama pada seorang perempuan yang akan menjadi Ibu dari anak-anaknya.

Seperti salah satu perempuan Indonesia yang telah menjadi inspirasi bagi orang-orang di sekelilingnya, yaitu Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti. Seorang perempuan yang dikenal karena kecerdasan intelektualnya. Mendapatkan sebuah penghargaan dalam kategori kepemimpinan karena dinilai mempunyai tekad keberanian untuk memberantas penangkapan ikan ilegal, tidak dilaporkan, dan tidak diatur oleh kapal asing dan lokal di Wilayah Pengelolaan Perikanan Republik Indonesia. Ia juga dianggap telah berperan penting dalam menjaga kesehatan laut dan praktik pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan yang bertanggung jawab melalui pelarangan penggunaan pukat dan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan.

Ibu Susi Pudjiastuti

Sumber Foto

Banyak perempuan Indonesia yang sebenarnya menjadi sumber inspirasi. Tidak hanya menjadi sebuah obyek di dalam rumah ataupun pada kerjanya. Melainkan dapat menginspirasi melalui kecerdasan intelektual dan karakternya. Dimana, perempuan nantinya tidak akan dipandang sebelah mata oleh kaum laki-laki. Selain itu, perempuan memiliki peran penting dalam beban kerjanya secara utuh, yaitu tidak hanya menjadi sebuah obyek yang dijual melalui jenis kelaminnya ataupun dipandang secara seksualitas saja. Melainkan melalui kecerdasan dan karakternya menjadi sumber inspirasi bagi keluarga, lingkungan masyarakat, bahkan dapat ikut serta dalam memajukan kesejahteraan Indonesia.

Sumber 1

Sumber Foto Featured

 

Recommended Posts
Comments
pingbacks / trackbacks

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.