Pendidikan Anak di Pedalaman Indonesia

 In Pendidikan

Anak-anak di Indonesia saat ini tidak dapat meneruskan ataupun mendapatkan pendidikan yang mumpuni. Yang dapat membuat anak menjadi tidak bertumbuh secara maksimal. Bukan hanya persoalan ekonomi, melainkan persoalan fasilitas pendidikan yang kurang merata di pedalaman Indonesia. Sedangkan jika melihat anak-anak di kota besar telah mendapatkan fasilitas pendidikan yang berkualitas. Dan mencetak anak-anak yang berprestasi. Jika melihat kondisi pendidikan Indonesia yang lebih jauh, masih terdapat anak-anak yang mempunyai keinginan besar untuk belajar, akan tetapi tidak mendapatkan fasilitas pendidikan yang mumpuni. Hal tersebut membuat ketimpangan dalam pendidikan di Indonesia, yang mempengaruhi proses Indonesia yang lebih maju. Lalu, bagaimanakan masyarakat melihat ketidakmerataan pendidikan di Indonesia?

Sumber foto

Adanya hal tersebut, hanya sebagian masyarakat yang mempunyai kepedulian untuk melihat anak-anak yang tidak mendapatkan akses pendidikan di pedalaman Indonesia. Seperti hasil penelitian dari Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada, Hasil bantuan Siswa Miskin Endline di Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Selatan. Terdapat 47,3% tidak bersekolah, 31% ingin membantu orangtua dengan bekerja, serta 9,4% ingin melanjutkan pendidikan nonformal. Dengan adanya data tersebut, menyatakan bahwa perlu adanya perhatian terhadap pendidikan formal bagi setiap anak. Padahal, anak-anak yang berada di pedalaman Indonesia juga merupakan bagian dari Indonesia yang seharusnya mendapatkan perhatian juga mengenai fasilitas pendidikan.

Memang, masyarakat yang berada di daerah-daerah terpencil kurang adanya kesadaran akan pentingnya pendidikan bagi anak-anak. Maka dari itu, perlu adanya pemerhati pendidikan dari pemerintah maupun masyarakat yang peduli dengan pendidikan anak-anak di pedalaman Indonesia. Akan lebih baik jika ditekankan lagi untuk setiap anak mendapatkan fasilitas pendidikan. Baik itu guru sebagai pendidik, buku, maupun tempat (sekolah) sebagai akses antara anak-anak lainnya yang mengikuti proses belajar. Hal tersebut membutuhkan tenaga lebih untuk mewujudkan. Hanya dengan bersama-sama untuk Indonesia yang semakin baik dalam segala bidang, khususnya bidang pendidikan. Pendidikan semakin baik, Indonesia pun akan semakin maju.

 

Sumber 1

Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.